hp flagship androin dan iphone

4 Pertimbangan saat Kamu Beli HP Flagship

Saat mencari HP Flagship terbaik, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Keputusan terbesar adalah apakah kamu akan beli HP iPhone atau Android Smartphone.

IPhone baru?

Sementara iPhone memiliki sejumlah model untuk dipilih – SE, mini, reguler, Pro atau Pro Max – experience penggunaannya cukup mirip di semua perangkat. Itu juga berlaku untuk ponsel lama, dengan dukungan kuat di bagian depan perangkat lunak dan penggunaan desain yang konsisten untuk beberapa generasi perangkat.

Artinya, jika kamu membeli iPhone 12, misalnya, kamu tahu itu akan didukung selama bertahun-tahun. kamu juga tahu bahwa fitur perangkat keras di dalamnya tidak akan berubah tahun depan, karena Apple mencari konsistensi di seluruh perangkatnya.

Itu juga berarti bahwa membeli model iPhone yang lebih lama tetap merupakan pilihan yang baik – ini akan menghemat uang kamu, tetapi kamu tidak akan kehilangan banyak.

Atau ponsel Android baru?

Keuntungan besar Android atas Apple adalah banyaknya variasi pilihan. Ada lebih banyak jenis pabrikan, yang berarti banyak titik harga dan desain yang berbeda, tetapi semuanya sudah terbiasa dengan perangkat lunak Android yang mendasarinya, jadi tidak ada kurva pembelajaran yang nyata saat menggunakannya.

Produsen Android seringkali lebih agresif dengan teknologi baru, mendorong fitur kamera baru sebelum Apple, tetapi seringkali hanya menyimpan desain selama satu tahun, sebelum merilis model baru yang berbeda. Android juga tidak konsisten dengan dukungan perangkat lunak.

Meskipun sebagian besar perangkat akan mendapatkan dua atau tiga versi Android, rentang waktunya tidak pernah seketat Apple – tetapi harga turun lebih cepat, sehingga penawaran bagus untuk model yang lebih baru sering tersedia.

Pertimbangan saat Beli HP Flagship

Daftar Isi

Tampilan dan ukuran

Layar akan menentukan ukuran perangkat yang kamu dapatkan. Layar yang lebih besar bagus untuk mengonsumsi konten, ideal untuk menonton TV atau film dan sering kali disukai oleh para gamer.

Tetapi layar yang lebih besar berarti telepon yang lebih besar – dan kamu mungkin menganggapnya tidak praktis untuk digunakan. Namun, banyak pabrikan menjadikan ponsel terbesar sebagai ponsel terbaik mereka.

Tidak semua HP flagship menawarkan resolusi tertinggi Quad HD atau 4K, dengan beberapa tetap berpegang pada resolusi yang cukup, seperti 1080p. Tidak apa-apa, bagaimanapun, karena kamu harus melihat lebih dekat untuk melihat perbedaan detailnya – yang lebih penting adalah kualitas tampilan.

Dengan sebagian besar ponsel andalan yang menawarkan layar OLED, tidak ada perbedaan besar, tetapi beberapa menawarkan tepi melengkung yang dapat membuat ponsel yang lebih besar lebih mudah digunakan.

Apa yang muncul sebagai opsi yang lebih menarik baru-baru ini adalah kecepatan refresh. Ponsel top sekarang mendorong 120Hz dalam upaya untuk membuat konten terlihat lebih lancar. Ini bukan hanya tentang bermain game, ini tentang mendukung multitasking di aplikasi, misalnya.

Kecepatan refresh yang lebih tinggi disediakan untuk ponsel gaming, meskipun tidak ada dukungan besar untuk frame rate yang lebih cepat dalam aplikasi atau game.

Perangkat keras dan penyimpanan inti

HP flagship android memiliki perangkat keras terbaru di dalamnya. Sementara Apple menawarkan perangkat kerasnya sendiri, Android memilih dari berbagai pemasok – tetapi banyak yang menawarkan Qualcomm. Samsung akan menggunakan Exynos dan Qualcomm, beberapa mungkin berkisar ke MediaTek – meskipun ini biasanya disediakan untuk perangkat kelas menengah atau tingkat rendah.

Penyimpanan itu penting. Penyimpanan rendah akan menurunkan harga, tetapi semakin sedikit produsen yang menawarkan ekspansi kartu microSD akhir-akhir ini. Itu berarti kamu perlu membeli perangkat dengan penyimpanan yang cukup – mengingat opsi 4K dan sekarang video 8K menggunakan lebih banyak penyimpanan daripada sebelumnya.

Tentu saja penyimpanan cloud jauh lebih terintegrasi akhir-akhir ini, tetapi ingatlah bahwa tidak ada yang gratis – jika kamu ingin menyimpan banyak foto, pada titik tertentu, kamu harus membayarnya.

Kamera

Kamera adalah aspek yang paling banyak dibahas dari ponsel mana pun. HP flagship memiliki kamera terbaik. Dari Apple hingga ZTE, ponsel teratas memiliki kamera yang lebih banyak atau lebih baik.

Namun, hal terpenting untuk dipertimbangkan adalah kamera utama yang bagus. Jika kamera utama mengambil foto yang bagus, itu artinya sebagian besar foto kamu akan bagus. Jika kamu tidak bisa mendapatkan foto normal yang bagus darinya, tidak ada gunanya memiliki lebih banyak kamera yang juga memberi kamu kualitas foto yang buruk.

Sudut ultra lebar mudah digunakan dan menciptakan efek yang hebat, lensa telefoto membuat kamu lebih dekat – tetapi kualitas kamera telefoto sangat bervariasi.

Lensa Periskop menjadi lebih umum, yang berarti zoom 5x dan 10x sekarang menjadi pilihan yang bagus pada beberapa model – meskipun Apple belum menawarkan opsi ini.

Namun ingat juga bahwa tingginya angka megapiksel pada suatu ponsel tidak secara otomatis membuat kualistas kameranya menjadi lebih baik. Banyak ponsel kelas menengah menggunakan kamera utama beresolusi tinggi dan menghasilkan foto yang buruk. Yang lebih penting adalah bagaimana gambar diproses, dengan AI dan fotografi komputasi kini dapat membuat perbedaan besar pada perangkat keras inti.

Selalu ada banyak tipuan juga – mode pro yang tidak akan pernah kamu gunakan, opsi pengambilan gambar yang tidak akan pernah kamu pedulikan. Hal terpenting tetap pada performa point and shoot, karena itulah yang akan kamu gunakan sebagian besar waktu.

Pengisian nirkabel sekarang juga umum, meskipun tidak ditawarkan secara universal di semua perangkat.

Daya tahan baterai

HP flagship sering kali bukan yang terbaik dalam hal daya tahan pakai baterai. Dirancang untuk performa, tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman terbaik, bukan untuk menghidupkan ponsel kamu selama seminggu.

Akan selalu ada ponsel di kisaran menengah yang berperforma lebih baik – daya lebih rendah, layar lebih kecil, resolusi lebih rendah, atau kecerahan lebih rendah – bersama dengan baterai yang secara fisik lebih besar, untuk bertahan lebih lama dari ponsel unggulan.

Tetapi pengisian yang lebih cepat berarti bahwa dengan pengisi daya yang tepat – yang mungkin harus kamu beli secara terpisah – kamu dapat mengisi daya ponsel kembali penuh dalam waktu singkat.

Apakah ini ponsel yang tepat untuk kamu?

Pilihan yang begitu banyak, yang terpenting adalah membeli ponsel yang kamu inginkan, ponsel yang akan memberikan apa yang kamu inginkan.

Beralih di antara merek Android itu mudah – selama kamu mencadangkan ke Google – dan beralih antara Apple dan Android juga tidak terlalu sulit. Tentu, ada beberapa layanan Apple yang tidak bisa kamu dapatkan di ponsel Android, seperti iMessage, tetapi secara keseluruhan, sebagian besar aplikasi sama.

Jika kamu menghabiskan banyak uang di Apple ecosystem, kamu mungkin akan diyakinkan untuk tetap di sana, tetapi ada baiknya melihat di mana kamu menyimpan data dan layanan apa yang kamu gunakan, karena opsi pihak ketiga membuat peralihan platform jauh lebih mudah.

Ada banyak ponsel untuk dipilih dan banyak poin harga – dan tentu saja, kamu selalu dapat membaca ulasan lengkap ponsel kami untuk membantu kamu menentukan pilihan.

Tinggalkan Balasan