Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Tak Kunjung Sembuh
Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Tak Kunjung Sembuh

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Tak Kunjung Sembuh by SehatQ

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Tak Kunjung Sembuh – Sakit gigi adalah kondisi yang membuat bagian dalam atau sekitar gigi dan rahang terasa nyeri. Apakah kamu pernah mengalami sakit gigi? Nampaknya, hampir seluruh manusia di dunia ini pernah mengalaminya, bukan?

Bagi orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan gigi ini biasanya seperti merasa sedang menderita. Mengapa saya bilang menderita? Sebab penderitanya tidak bisa makan, susah minum, susah tidur, sensitif sama bunyi-bunyian di sekitar, kepala sakit dan lainnya. Perasaan menderita itu kian menjadi-jadi bila gigi kita berlubang.

Agar kita terhindar dari penyakit gigi ini, perlu kiranya kita bahas secara ringkas seputar penyebab orang sakit gigi dan cara mengatasinya dengan cara yang alami.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dan Penyebabnya

Ada pepatah mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Maka, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa saja penyebab gigi bisa sakit hingga berlobang biar kita lebih perhatian terhadap kesehatan mulut.

  • Penyebab Utama Sakit Gigi

Ada banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya sakit gigi. Contoh penyebab sakit gigi adalah sering mengonsumsi makanan yang manis-manis.

Saat kecil dulu, kita suka banget makan permen. Ingatkah kamu, kita sering sekali dinasehati oleh orangtua untuk jangan sering-sering makan permen, takut kalau nanti giginya sakit. Ternyata nasehat itu bukanlah bualan orangtua semata biar kita tidak jajan.

Jika kita periksa, ternyata permen punya kandungan gula dan karbohidrat.

Kandungan pada permen tersebut saat berada dalam mulut, memicu munculnya reaksi dengan bakteri mulut hingga membentuk asam. Nah, asam inilah yang ternyata menyerang enamel pada gigi kita. jika asam pada mulut ini dibiarkan, ia akan menggerus sedikit demi sedikit hingga menyebabkan gigi berlubang.

Rekomended:  2 Manfaat Madu Manuka Utama bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa jenis makanan manis yang tak perlu kita konsumsi dalam jumlah banyak, seperti permen, minuman bersoda, makanan ringan (kue, boba, roti dan lainnya).

Lalu, bagaimana jika kebiasaan ini telah membuat gigi berlubang? Yuk simak cara menanganinya.

  • Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Kita dapat mengatasi sakit gigi berlubang baik secara bantuan medis maupun alami.

Dilansir oleh SehatQ, untuk mengobati sakit gigi secara medis dibutuhkan obat sakit gigi yang mengandung paracetamol. Paracetamol dinilai ampuh meredakan nyeri yang dialami oleh penderita.

Paracetamol tidak hanya mampu mengobati demam, tapi juga dapat membantu meringakan nyeri pada gigi berlubang. Untuk penggunaannya harus sesuai dengan umur dari penderita sakit gigi.

  1. Bagi orang dewasa hendaknya mengonsumsi paracetamol 1000 mg tiap 6-8 jam.
  2. Bagi remaja, cukup konsumsi paracetamol 325-650 mg 3×1 sehari
  3. Bagi anak-anak, disarankan maksimal mengonsumsi paracematol 75 mg / hari

Obat sakit gigi ini bisa kamu dapatkan di apotek terdekat sebagai langkah awal dalam mengatasi nyeri pada gigi. Namun, penggunaannya tidak boleh overdosis, sebab overdosis paracetamol dapat mengakibatkan kerusakan hati.

Jika setelah beberapa hari mengonsumsi paracetamol namun kondisi gigi tak kunjung membaik, maka disarankan untuk menghubungi dokter gigi terdekat. Kunjungi website atau aplikasi kesehatan yang menyediakan Chat Dokter secara live untuk berkonsultasi.

Lalu, bagaimana cara alami mengobati sakit gigi berlubang?

Setelah kita mengosumsi paracetamol, ada beberapa hal yang bisa penderita lakukan setelahnya.

  1. Hendaknya tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu rasa nyeri, seperti minuman terlalu panas atau dingin.
  2. Hendaknya rutin membersihkan sela gigi dari sisa makanan
  3. Hendaknya sesekali berkumur menggunakan air bercampur garam. Cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumurlah pelan-pelan.
  4. Hendaknya tidur menggunakan bantal yang lebih tinggi dari biasanya. Ini dapat mengurangi tekanan pada gigi yang sakit.
  5. Hendaknya sesekali mengompres bagi area pipi dengan handuk hangat.
Rekomended:  Cara Menambah Imun Tubuh agar Selalu Sehat Jauh dari Penyakit

Semoga artikel kesehatan dari IDNewsMedia ini bermanfaat ya.

About idnewsmedia

Tinggalkan Balasan