Cara Menambah Imun Tubuh agar Selalu Sehat Jauh dari Penyakit

Cara Menambah Imun Tubuh agar Selalu Sehat Jauh dari Penyakit

Cara Menambah Imun Tubuh – Sistem imun tubuh merupakan salah satu pilar penting dalam menghadapi berbagai serangan penyakit. Salah satunya adalah virus covid-19 yang sedang terjadi saat ini, masyarakat harus menjaga kesehatan tubuhnya agar tidak terkena wabah ini. Ada banyak trik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kita dapat memulainya dengan olahraga secara rutin serta mengatur nutrisi bagi tubuh.

Dengan menjaga keseimbangan nutrisi serta olahraga teratur, imun tubuh akan semakin kuat. Sistem imun ini bekerja secara efisien agar kesehatan tetap terjaga secara baik. Kesehatan merupakan prioritas nomor satu bagi setiap orang dalam aktivitas sehari-hari. Banyak orang mengatakan bahwa kesehatan itu mahal dan jika Anda sakit, Anda akan menghabiskan banyak uang.

Pada kesempatan ini, kita akan coba mengulas secara singkat mengenai cara menambah imun tubuh agar tidak gampang sakit. Dengan harapan, jiwa menjadi sehat dan kuat dari paparan virus berbahaya.

Cara Menambah Imun Tubuh secara Alami

Agar tubuh tetap sehat, ada banyak cara demimeningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah imun tubuh :

  • Makan Makanan Berserat dan Mengandung Antioksidan

Makanan berserat yang memiliki kandungan antioksidan berperan penting dalam menambah imunitas agar tetap terjaga secara baik. Ada beberapa jenis makanan berserat dengan kandungan antioksidan, umumnya ada pada buah serta sayuran.

Selain itu, juga disarankan mengonsumsi vitamin C, sebab fungsi vitamin C berperan penting bagi imunitas badan.

Rekomended:  Gejala Penyakit Neuropati Diabetes dan Cara Antisipasinya

Beberapa jenis makanan tersebut sangatlah mudah tuk didapatkan. Disarankan untuk mengomsumsi buah atau sayur yang masih fresh, ya.

  • Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara paling efektif demi menambah imunitas. Ketika kita berolahraga cukup, sistem kekebalan tubuh secara otomatis menjadi lebih kuat. Orang aktif berolahraga kurang rentan terhadap serangan penyakit. Ada banyak bentuk latihan, mulai dari latihan paling ringan hingga paling berat.

  • Waktu Tidur Teratur

Pola tidur ternyata juga dapat mempengaruhi kondisi sistem imun tubuh seseorang. Kurang tidur setiap harinya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan, tentu tidak baik tuk jangka panjang. Justru disarankan agar tidur kurang lebih selama 6 hingga 8 jam sehari.

  • Rajin Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihkan diri sangatlah penting karena dapat membuat Anda lebih aman dan tahan terhadap serangan penyakit di sekitar Anda. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan lainnya.

  • Hindari Stress

Menjalani hidup secara bahagia sebenarnya salah satu cara dalam menambah imunitas tubuh seseorang. Ketika pikiran Anda lelah dan stres, penyakit bisa menyerang kapan saja. Maka, penting bagi kita memiliki aktivitas serta rutinitas positif bagi kondisi kejiwaan.

Kebiasaan yang Dapat Menurunkan Imunitas

  • Malas Bergerak

Kemajuan teknologi terkadang membuat seseorang tidak tertarik berolahraga karena ia terlalu fokus menggunakan smartphone. Kebanyakannya kini hanya fokus guna bermain game, main tiktok, maupun bermain media sosial. Faktanya, jika malas berolahraga, seseorang lebih mungkin terkena serangan pilek, batuk, atau penyakit lain. Olahraga justru dapat meningkatkan rasa sejahtera dalam diri serta membuat tidur nyenyak. Efeknya, imunitas akan meningkat.

  • Asupan Garam dan Gula Berlebih tapi Enggan Konsumsi Buah dan Sayur

Makan makanan bergizi sangatlah penting untuk menambah imunitas, namun banyak tidak meminatinya. Justru jenis makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, garam serta gula lebih digemari padahal tidak baik bagi kesehatan badan.

Rekomended:  Gejala Penyakit Neuropati Diabetes dan Cara Antisipasinya

Oleh karena itu, untuk menjaga kestabilan daya tahan tubuh, seseorang perlu hijrah. Hijrah dengan memperbanyak konsumsi buah serta sayuran yang kaya vitamin C. Buah jeruk, apel, kangkung, bayam termasuk buah atau sayuran dengan vitamin C.

Penutup : Penting bagi kita tuk mengonsumsi vitamin C sebagai antioksidan. Vitamin tersebut dapat diperoleh dari buah, sayur, maupun suplemen vitamin milik Redoxon.

Tinggalkan Balasan