cara daftar kip kuliah

Cara Daftar KIP Kuliah dan Tahapannya

Kuliah gratis di Kampus ternama dengan KIP Kuliah merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan. Betapa tidak, faktor ekonomi sudah tidak bisa dijadikan alasan mundurnya seseorang untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Sebab dengan KIP Kuliah, penerima kartu KIP Kuliah bisa kuliah gratis ditambah dengan uang biaya hidup senilai Rp 700 rb setiap bulannya.

Pendaftaran KIP Kuliah dapat dilakukan dengan 2 cara yakni; bisa didaftarkan oleh pihak kampus atau peserta KIP Kuliah dapat mendaftarkan dirinya secara mandiri melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile yang bisa diunduh via Google Playstore.

Menggiurkan, seginilah Jumlah Dana Bantuan yang diterima oleh penerima Kartu KIP Kuliah

Berkas Pendaftaran KIP Kuliah yang Perlu Dipersiapkan

Untuk pendaftaran akun di laman KIP Kuliah, calon penerima harus memasukkan data daftar KIP Kuliah yang valid sebagai berikut:

  1. Pendaftar memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  2. Pendaftar memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); dan,
  3. Pendaftar memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Pendaftar harus mencantumkan surel aktif karena nomor pendaftaran dan kode akses login ke akun KIP Kuliah akan dikirimkan melalui surel tersebut.

Inilah Keunggulan dan Kegunaan KIP Kuliah dibanding Kuliah Mandiri

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah

  1. Mengunjungi laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru atau unduh aplikasi KIP Kuliah Mobile via Android di Playstore,
  2. Memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat surel / email aktif dengan benar dan berurutan,
  3. Menunggu verifikasi dari Sistem KIP Kuliah yang selanjutnya akan mengirim kepada Anda nomor pendaftaran dan akses login ke email Anda,
  4. Login ke https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login untuk menyelesaikan pendaftaran KIP Kuliah
  5. Mendaftar dan mengikuti seleksi Perguruan Tinggi sesuai jalur masuk yang masih tersedia, pada bagian akhir pendaftaran hendaknya tidak lupa memasukkan nomor pendaftaran KIP Kuliah Anda.

Daftar Universitas yang Menerima KIP Kuliah

Pada dasarnya Universitas maupun Politeknik yang terakreditasi A dan B menerima usulan mahasiswa KIP Kuliah, baik kampus negeri maupun swasta. Berdasar data yang dirilis oleh Kemdikbud di laman KIP Kuliah bahwa sebanyak 15.833 jurusan siap menampung calon mahasiswa KIP Kuliah untuk studi sesuai minatnya masing-masing. Tunggu apalagi segera daftar sekarang juga.

Semoga bermanfaat

Baca Juga  Hindari bertingkah seperti orang sombong ini

Tinggalkan Balasan