kain khas kalimantan selatan

Mengenal Seluk Beluk Kain Khas Kalimantan Selatan

idnewsmedia.comKain khas Kalimantan Selatan merupakan salah satu oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi lokasi tersebut. Kain ini sendiri sudah dikenal oleh berbagai masyarakat. Hal tersebut tidak lain karena motif baju sasirangan yang sangat unik serta menarik.

Mengenal Kain khas Kalimantan Selatan

Sampai saat ini sasirangan sudah menjadi produk andalan Kalimantan. Hal tersebut tentu tidak lepas dari berbagai keunikan pada kainnya. Tidak heran apabila banyak orang yang menggemari kain tersebut mengingat motifnya sangat menarik. Di bawah ini beberapa seluk beluknya yang bisa Anda ketahui:

  1. Proses Pembuatan Unik

Sasirangan sangat dikenal dengan proses pembuatannya yang sangat unik. Apabila Anda cukup penasaran mengenai bagaimana cara membuat sasirangan, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi daerah Banjarmasin agar mengetahui apa saja yang unik dari pembuatan kain batik kalimantan tersebut.

Untuk membuat kain sasirangan ini sendiri menggunakan bahan dasar kain polos berwarna putih. Selanjutnya, kain tersebut diikat serta dijahit kemudian benangnya ditarik sampai menghasilkan berbagai motif yang diinginkan. Jika sudah maka kain tersebut dicelup dalam pewarna khusus.

  1. Warna dari Bahan Alami

Meski masih dibuat dengan cara tradisional, tepatnya menggunakan warna dari bahan alami harga kain sasirangan masih bisa Anda dapatkan dengan sangat terjangkau. Warna dari kain ini sendiri terbuat dari rempah-rempah alami pilihan sehingga tidak mudah pudar meski digunakan dalam jangka waktu lama.

Beberapa rempah alami yang digunakan tersebut seperti buah mengkudu, kunyit, kesumba, gambir, dan masih banyak lagi. Bahan tersebut dicampurkan dengan bahan khusus lainnya sehingga warna yang dihasilkan akan menarik dan tidak mudah pudar. Seperti garam, cengkeh, tawas, dan masih banyak lagi.

  1. Diyakini Menyembuhkan Penyakit

Masyarakat Banjar percaya bahwa baju sasirangan jika digunakan dapat dijadikan sebagai perantara dalam menyembuhkan penyakit. Selain itu, masyarakat juga banyak yang yakin bahwa kain tersebut memiliki kekuatan magis tertentu di dalamnya.

Bagaimana menurut Anda? Orang Banjar sendiri meyakini bahwa siapa saja yang mengenakannya dapat terlindungi dengan baik dari pengaruh maupun hal buruk seperti misalnya roh jahat. Terlebih saat ini kain tersebut dijual secara bebas sehingga sangat mudah untuk menemukannya.

Itulah seluk beluk mengenai kain khas Kalimantan Selatan yang bisa Anda ketahui. Apabila masih penasaran mengenai kain tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menjadwalkan liburan ke daerah Kalimantan Selatan agar lebih mengenal mengenai kain yang cukup unik tersebut.

Baca Juga  Kain Sasirangan Khas Banjar, Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan