contoh baju sasirangan

Rekomendasi Terbaik dari Motif Batik Sasirangan

Tidak akan lengkap rasanya, jika datang ke Kalimantan Selatan. Namun, Anda tidak membawa oleh-oleh khas seperti motif batik sasirangan. Mengingat desain dan corak dari batiknya sangat khas, unik dan menarik. Batik tersebut juga terdiri dari berbagai macam jenis, bahkan mengandung makna berarti.

3 Macam Motif Batik Sasirangan

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa motif kain sasirangan ini memiliki banyak jenis corak dan juga bajunya yang beraneka ragam. Sebagai salah satu produk khas dari Kalimantan Selatan, kain sasirangan ini makin banyak digemari oleh masyarakat. Mengingat desainnya yang cukup menarik.

  1. Batik Sasirangan Motif Gigi Haruan

Tidak akan lengkap rasanya, jika Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan. Namun, tidak mencoba membeli oleh – oleh khas dari sana seperti batik sasirangan dan kain sasirangan. Mengingat bajunya yang beraneka ragam, pengunjung bisa memilih sesuai dengan keinginannya.

Salah satu jenis motif batik yang paling umum dan banyak digunakan masyarakat, yaitu motif kain Gigi Haruan. Dikemas dengan motif yang memiliki warna-warni, motif satu ini mempunyai makna yang artinya ketajaman dalam berpikir. Motifnya sendiri diambil dari nama ikan aslli Banjar.

  1. Batik Sasirangan Motif Halilipan

Selain itu, Kalimantan Selatan juga memiliki jenis motif batik yang tidak kalah menariknya. Bahkan hampir digunakan masyarakat di sana sebagai motif baju modern, mengingat tampilan dari motifnya yang memang kekinian dan tidak terlalu ramai akan corak.

Motif kain Halilipan ini diilustrasikan seekor hewan yang merayap seperti kelabang. Namun, hasilnya mampu memperlihatkan citra seni yang cukup fantastik. Motifnya sendiri tidak terlalu ramai, karena karakternya hanya ada 1 ekor hewan saja di bagian pojok kainnya.

  1. Batik Sasirangan Motif Hiris Gagatas Horizontal

Seperti motif batik pada umumnya, motif kain Hiris Gagatas Horizontal ini memiliki keunikannya sendiri. Dengan model yang memanjang ke samping, kesannya tampak lebih terlihat sangat artistik. Apalagi pembawaan warnanya juga tidak terlalu mencolok, seperti kombinasi biru dongker dengan putih.

Motif Hiris Gagatas Horizontal ini memiliki makna yang cukup unik dan menarik, seperti motifnya yang cantik dan seakan yang melihatnya tidak akan cepat merasa bosan. Bentuknya sendiri seperti kue tradisional khas dari penduduk Banjar.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara lengkap mengenai motif batik sasirangan. Beserta dengan pembahasan tentang makna yang tersimpan dalam motif tersebut. Jangan lupa bawa oleh-oleh khas dari Kalimantan Selatan ini saat Anda berkunjung ke sana.

Baca Juga  Pembahasan Mengenai Kain Sasirangan Berasal Dari Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan