sasirangan banjar kalimantan selatan

Motif Khas dari Sasirangan Banjar

Sebagai salah satu produk khas dari Kalimantan Selatan, kain sasirangan banjar ini dikenal karena keunikan dan keindahan kainnya. Mengingat corak serta model dari kain tersebut sangat beraneka ragam. Bahkan bahan dasar pembuatannya sengaja menggunakan bahan alami, sehingga warnanya tidak mudah pudar.

Jenis Motif Dari Kain Sasirangan Banjar

Mungkin Anda masih belum cukup mengenal mengenai kain sasirangan banjar ini. Pada umumnya, kain ini berasal dari Kalimantan Selatan. Memiliki corak atau motif yang cukup unik dan juga menarik. Bahan dasar pembuatannya dari bahan alami, kainnya sendiri banyak didesain menjadi baju modern.

  1. Jenis Motif Kulat Karikit

Salah satu jenis motif dari baju sasirangan dan kain sasirangan, yaitu kain Kulat Karikit. Motif satu ini sengaja diambil dari nama tumbuhan sejenis jamur atau cendawan yang hidupnya menempel di batang maupun dahan pohon.

Meskipun hidupnya menumpang pada tumbuhan lain, namun Kulat ini tidak sedikit pun memberikan beban atau merugikan tanaman yang ditumpanginya. Jadi, dapat diambil filosofi bahwa cara hidup dari Kulat ini adalah hiduplah secara mandiri, jangan pernah merugikan yang lain sedikit pun.

  1. Jenis Motif Gigi Haruan

Kemudian, ada jenis motif yang tidak kalah unik dan menariknya yaitu kain Gigi Haruan. Sesuai dengan namanya, motif satu ini sengaja diambil dari nama ikan yang menjadi salah satu jenis makanan paling disukai oleh masyarakat Banjar. Namanya adalah Haruan atau seringkali disebut Gabus.

Pada umumnya, ikan Haruan ini memiliki ciri seperti badannya yang berwarna hitam. Giginya runcing dan juga tajam. Sedangkan untuk bagian gigi dari Haran ini dapat diambil filosofinya, yaitu sebagai ketajaman dalam berpikir.

  1. Jenis Motif Ular Lidi

Motif yang terdapat pada kain sasirangan memang terkenal akan keunikannya. Bahkan coraknya memiliki makna dan filosofi tertentu, sama halnya seperti motif kain Ular Lidi ini. Motifnya sendiri diambil dari dongeng masyarakat Banjar.

Motif dari Ular Lidi sendiri sudah dianggap sebagai salah satu simbol kecerdikan. Bentuk dari motifnya sangat menyerupai seperti hiris pundak, tidak putus-putus, berganda namun melengkung secara vertikal dan bervariasi.

Itulah beberapa ulasan yang penting untuk diketahui dari kain sasirangan banjar. Dengan adanya informasi mengenai motif kain di atas, kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih jenis corak dari kain tersebut.

Baca Juga  Motif Kain Sasirangan Modern yang Banyak Digunakan

Tinggalkan Balasan