sasirangan modern

Motif Kain Sasirangan Modern yang Banyak Digunakan

Tahukah Anda bahwa kain sasirangan modern kini menjadi salah satu trend yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Mengingat desain dan juga corak dari kainnya yang cukup menarik, sehingga kain tersebut seringkali dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan baju modern atau kekinian.

Motif Kain Sasirangan Modern

Pada umumnya, kain sasirangan modern ini tersedia menjadi berbagai macam motif unik dan juga menarik. Inilah alasannya mengapa banyak masyarakat atau traveler yang terkadang bingung dalam memilih motif kainnya. Mengingat coraknya memang sangat indah, berikut ulasan referensi motifnya.

  1. Motif Hiris Gagatas Secara Vertikal

Salah satu baju sasirangan dan kain sasirangan utama yang memiliki motif menarik, yaitu kain Hiris Gagatas Vertikal. Pembawaan warna dari kainnya sendiri tidak terlalu mencolok, sehingga kesannya tidak terlalu berlebihan. Bahkan coraknya juga cukup simpel.

Berbeda dari motif sasirangan pada umumnya, pola yang dihasilkan dari kain ini adalah berbentuk vertikal. Kain dengan corak atau motif seperti ini, akan sangat cocok dikenakan oleh seseorang yang ingin tampil lebih kurus dari badan aslinya.

  1. Motif Jumputan Bernuansa Monokrom

Sesuai dengan namanya, kain jumputan dengan nuansa monokrom ini memang memiliki pembawaan warna yang tidak terlalu mencolok yaitu hitam dan putih. Tampilan kainnya pun juga cukup menarik, cocok dikenakan di berbagai macam acara.

Konsep monokrom seperti ini, seakan tidak pernah bosan dilihat. Anda bisa mengenakan kain batik sasirangan ini saat mengunjungi atau menghadiri acara formal maupun non formal. Motifnya sendiri juga tidak terlalu ramai, sehingga tampilannya tidak berlebihan.

  1. Motif Kambang Kacang

Ada pula jenis motif kain batik asal Banjarmasin yang coraknya cukup unik dan menarik. Akan sangat cocok bila dikenakan saat menghadiri acara formal maupun non formal. Tampilannya hampir menyerupai batik pada umumnya, namun ada ciri khas yang membuatnya terlihat berbeda.

Pihak pengrajin berharap, dengan membuat motif kain Kambang Kacang ini. Maka hubungan sesama masyarakat mmenjadi kian erat. Mengingat ide dari penciptaan motif ini berasal dari tumbuhan kambang kacang. Tumbuhan tersebut seringkali menjadi sayuran campuran orang Banjar.

Seperti itulah beberapa informasi secara lengkap mengenai motif kain sasirangan modern. Tidak akan lengkap rasanya jika saat berkunjung ke Banjar, namun tidak membeli oleh-oleh khasnya. Seperti kain sasirangan ini.

Baca Juga  Berbagai Macam Jenis Model Baju Sasirangan

Tinggalkan Balasan