motif baju sasirangan

Mengenal Lebih Dalam Tentang Sasirangan Banjarmasin

Berbanggalah menjadi warga Indonesia, karena bisa menikmati keindahan alam dan juga keunikan dari kerajinan tangan setiap masyarakatnya. Seperti halnya kain sasirangan banjarmasin ini, selain dikenal sebagai oleh-oleh khas Kalsel. Motif dan bentuknya pun terkenal unik dan juga menarik.

Tentang Kain Sasirangan Banjarmasin

Sebagai salah satu produk andalan yang dihasilkan dari kampung sasirangan. Kain sasirangan Banjarmasin ini memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri. Menjadikannya banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat. Mengingat motif dan modelnya yang sangat menarik.

  1. Dipercaya Dapat Menyembuhkan Penyakit

Siapa yang akan menyangka, bahwa baju sasirangan dan kain sasirangan Banjarmasin ini sudah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit? Tidak hanya itu saja, masyarakat di Banjar sudah banyak yang percaya jika kainnya juga mempunyai kekuatan magis.

Kekuatan magis yang terdapat pada kainnya tersebut, dapat melindungi siapa saja yang mengenakannya dari pengaruh / hal buruk serta gangguan dari roh jahat. Di zaman dulu, kain ini tidak diperjual belikan secara bebas, karena hanya dibuat sesuai pesanan pelanggan saja.

  1. Cara Pembuatannya Terkenal Cukup Unik

Selain itu, kain batik sasirangan ini juga cukup terkenal karena cara pembuatannya cukup unik. Jika Anda penasaran dan ingin melihat proses dari pembuatan kainnya, langsung saja kunjungi daerah Kampung Sasirangan yang ada di Banjarmasin.

Bahan dasar dari kain batik Banjarmasin ini, yaitu menggunakan kain polos dengan warna putih. Nantinya kain tersebut akan diikat maupun dijahit. Kemudian, benangnya ditarik sehingga dapat membantu motif tertentu. Setelahnya, kainnya dicelupkan ke pewarna khusus.

  1. Warna Indah Dari Bahan Alami

Salah satu hal yang membuat jual kain sasirangan ini laris, yaitu karena warnanya yang indah dan terbuat dari bahan alami. Bahan dasar dari pembuatan kainnya, terbuat dari rempah – rempah dan bahan alami lainnya. Seperti misalnya saja kunyit, buah mengkudu, kesumba, gambir dan lain-lain.

Agar warna yang dihasilkan lebih menarik serta tidak mudah pudar. Bahan alami tersebut dicampurkan dengan bahan lain. Seperti misalnya garam, jinten, lada, cengkeh, pala, kapur, tawas, kapas, jeruk nipis dan masih banyak lainnya.

Itulah sedikit ulasan secara detail dan jelas mengenai sasirangan banjarmasin. Beserta pembahasan tentang apa yang menjadi kelebihan dari kain asal Kalimantan Selatan, sehingga banyak masyarakat yang menyukai produk tersebut.

Baca Juga  Berbagai Jenis Sasirangan Kombinasi Modern dan Kekinian

Tinggalkan Balasan