sasirangan

Kain Sasirangan Khas Banjar, Kalimantan Selatan

Indonesia merupakan negara yang dikenal memiliki kekayaan alam dan budaya yang memukau di mata dunia. Sebagai negara besar yang terdiri dari banyak suku bangsa, Indonesia memiliki keunikan budaya di setiap tempat yang berbeda dengan daerah lain. Salah satu hasil karya seni yang mendapat pengakuan mancanegara adalah kain batik. Selain batik Solo atau Jogja yang terkenal, Anda harus tahu dengan jenis kain batik Banjar yang dikenal dengan nama Sasirangan.

Mengenal Sejarah Sasirangan

Sasirangan adalah kain tradisional yang dibuat oleh masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan yang berasal dari kata sirang berarti menjelujur. Motif kain yang jelujur telah ada sejak masa lampau yang konon digunakan untuk mengusir roh jahat. Tak mengherankan kalau pembuatan kain batik khas Kalsel ini masih dibatasi pada masa lalu.

Sejarah kain ini tidak lepas dari cerita masyarakat terkait permintaan Putri Junjung Buih pada Patih Lambung Mangkurat yang menguasai Kerajaan Negara Dipa pada abad 12 sampai 14 Masehi. Kain sasirangan kuning hanya dikerjakan oleh 40 perawan dan istana yang dikerjakan 40 bujangan berhasil diwujudkan oleh sang raja dalam waktu sehari saja. Kain tersebut digunakan oleh sang putri dalam upacara pernikahannya dengan raja.

kain sasirangan
source : banjarmasih.tribunnews.com

Menilik sejarah yang telah ada sejak masa lampau tersebut, kain motif garis-garis vertikal dari atas ke bawah telah berkembang pesat. Konon masyarakat Banjar percaya bahwa kain yang memiliki motif-motif tertentu bisa digunakan untuk mengobati segala macam penyakit yang diderita, misalnya kain yang berwarna merah digunakan untuk mengobati sakit kepala dan susah tidur, sedangkan kain yang berwarna hitam untuk mengobati demam atau penyakit kulit.

Tidak ada pembedaan latar belakang pada orang yang boleh memakai kain yang menggunakan benda alam Kalimantan Selatan sebagai motif dasar ini. Namun, Anda harus tahu bahwa kain sasirangan motif Sari Gading hanya digunakan untuk ritual saja.

Motif Sasirangan Terbaru

Ada jenis motif sasirangan tradisional dan modern seperti :

  1. Kangkung Kaokamban,
  2. Gigi Haruan,
  3. Daun Jaruju,
  4. Kambang Kacang,
  5. Kambang tanjung,
  6. Bayam raja,
  7. Bintang bahambur,
  8. Ombak sinapur karang,
  9. Sarigading,
  10. Awan beriring,
  11. Kambang Sakaki,
  12. Kulat karikit,
  13. Turun dayang,
  14. Hiris garatas,
  15. Hiris pudak,
  16. Jajumputan,
  17. Mayang maurai,
  18. Tampuk manggis,
  19. Ramak sahang,
  20. Rumah banjar,
  21. Sisik tanggiling,

Setiap motif yang ada pada kain Sasirangan memiliki pemaknaan yang berbeda-beda. Masyarakat Banjar menjaga adat dan budaya leluhur secara turun temurun hingga sekarang ini. Bahkan, kain batik tradisional dan modern telah terkenal ke seluruh penjuru negeri sebagai bagian dari kekayaan budaya nusantara.

Pemerintah turut serta memberikan pelatihan kepada UMKM, misalnya di desa-desa yang masuk restorasi gambut untuk memproduksi kain batik ini. Kain batik inilah yang akhirnya dipasarkan secara digital dan menembus pasar lokal hingga internasional. Sebagai generasi penerus bangsa, Anda wajib ikut serta menjaga dan melestarikan kebudayaan dengan memakai produk lokal asli Banjar.

Cara Melestarikan Kain Sasirangan pada jaman Millenial

Keindahan motif dan corak kain khas Banjar belum bisa menggugah minat masyarakat muda untuk membeli dan memakai kain ini. Padahal, budaya lokal harus dijaga dan diapresiasi secara nyata seiring gempuran produk-produk asing di Indonesia. Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat pada budaya lokal khas Banjar, Kalimantan Selatan, Anda harus ikut serta membangun cinta produk kain Sasirangan lewat cara-cara berikut :

batik sasirangan
source : bemkmfmipa.ulm.ac.id

Menjadikan Outfit Formal

Jalan-jalan ke mall atau tempat nongkrong memang kurang percaya diri tanpa memakai pakaian sesuai tren. Namun, kamu bisa mencoba cara melestarikan budaya lokal dengan memakai kain Sasirangan untuk dijadikan outfit bareng si dia. Beli kain bisa pula dijahit menjadi seragam keluarga yang terkesan resmi. Saat pergi ke kondangan atau menghadiri acara yang bersifat formal, Anda bisa merasa percaya diri.

Bisakah kain motif batik Banjar ini dijadikan pakaian harian? Bisa saja sebab Anda bisa memadukan dengan pakaian yang lain. Misalnya kain Sasirangan dijadikan atasan berupa blus atau kemeja, maka bisa dipadukan dengan celana jeans atau rok untuk bepergian ke mana saja seperti kampus atau mall. Aksesoris pendukung yang bisa membuat kain tenun tidak terlihat tradisional, kenapa tidak? Dijamin banyak orang yang akan mengedarkan pandangan ke arah Anda setelah ini.

Memodifikasi Kain Tenun menjadi Pakaian yang lebih Modis

Di era modern, segalanya bisa lebih mudah dengan kreativitas yang Anda miliki. Beli saja kain tenun khas Banjar dan pergi ke penjahit langganan untuk membuat baju yang sesuai mode saat ini. Sesuaikan dengan selera Anda dalam berpakaian saja, misalnya Anda membuat blus, dress, gamis atau dikombinasikan dengan kain lain, sah-sah saja.

Kain tenun yang bertekstur umum agak kasar bisa diberikan pelapis dari kain katun yang lebih lembut. Setidaknya Anda yang memiliki jenis kulit sensitif tetap bisa memakai kain tenun tanpa takut terkena alergi. Dijamin penampilan Anda bisa semakin elegan dengan motif kain Sasirangan yang modern.

Memakai Aksesoris Tenun

Tidak hanya memakai pakaian dari kain tenun khas Banjar saja, Anda juga bisa meningkatkan penampilan menjadi lebih percaya diri dengan memakai aksesoris tenun yang unik. Di pasaran, Anda bisa membeli syal dari kain tenun, gelang, kalung, tas, sepatu, dompet, dan lain-lain dengan motif tenun terbaik. Meski harga relatif lebih mahal sebab dibuat secara homemade, original produk yang limited edition akan membuat penampilan Anda semakin prestise.

Menghadiri dan Meramaikan Pameran Fashion Tenun

kain batik sasirangan
source : kalsel.antaranews.com

Ada banyak pameran hasil karya pakaian dari perancang lokal yang memakai kain tenun sebagai bahan utama. Sudah sepatutnya Anda turut memeriahkan pameran seni demi meningkatkan minat anak muda pada kelestarian kain tenun. Hasil pameran yang memukau mata internasional menjadi salah satu kunci mengenalkan budaya lokal ke luar negeri.

Upaya Meningkatkan Penjualan Kain Tenun

Cara menjaga dan melestarikan kain Sasirangan khas banjar juga bisa dilakukan oleh generasi Millenial dari sektor ekonomi. Menggunakan kecanggihan teknologi dan kecepatan informasi, Anda bisa turut serta mengembangkan UMKM di Indonesia.

Caranya Anda harus bekerja sama dengan pengrajin yang memproduksi kain asli Banjar ini. Lakukan pemasaran digital untuk menggaet calon pembeli lokal dan internasional yang lebih mudah dewasa ini. Anda ikut menikmati untung sekaligus membantu UMKM meningkatkan produksi kain mereka.

Pemerintah Indonesia terus menggalakkan pelestarian kain tenun asal Banjar bersama dengan kain tradisional yang masuk budaya nusantara lainnya. Penetapan yang dilakukan oleh pemerintah berfungsi untuk melindungi aset bangsa yang tidak ternilai harganya. Hilangkan semua keluhan yang muncul dari dalam diri Anda untuk ikut serta melestarikan kain nusantara seperti pemakaian yang gerah, model kurang bagus, perawatan yang tidak mudah, dan lain-lain. Kalau bukan Anda yang ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia, siapa lagi?

Berdasarkan beberapa cara menjaga dan melestarikan kekayaan budaya bangsa di atas, apakah Anda tertarik memulai langkah kecil dengan membeli dan memakai kain tenun sendiri? Yuk, ajak teman-teman di sekitar Anda untuk mencintai budaya lokal bangsa dengan memakai kain Sasirangan asal kalimantan selatan sekarang juga!

Tempat Jual Beli Kain dan Baju Sasirangan

Banyak sekali outlet sasirangan tersebar di penjuru Kalimantan Selatan, berikut ini diantaranya :

Jual Beli Kain dan Baju Sasirangan di Kota Banjarmasin

  1. Irma Sasirangan, Jl. seberang mesjid Rt.06, Banjarmasin, Seberang Mesjid, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70231, kunjungi : irmasasirangan.com
  2. Batik Sasirangan, Komp. Madani/Mandiri IV Blok B7 No. 28, Jl. Sultan Adam, Surgi Mufti, Banjarmasin Utara, Surgi Mufti, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70122, kunjungi : batiksasirangan.business.site
  3. Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70122, kunjungi : nidasasirangan.com
  4. Warung Sasirangan, Jl Mutiara Blok Jati Jl. Padat Karya No.55, Sungai Andai, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70122, kunjungi : warungsasirangan.com
  5. Katuju sasirangan, Seberang Mesjid, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123, kunjungi : sasirangan-warna-warni.business.site
  6. Tuhlabu Sasirangan, Gg. H. Sani No.36 RT.05, Tlk. Dalam, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70117, kunjungi instagramnya : @tuhlabu sasirangan
  7. Galuh Banjar Sasirangan, Jl. Agathis II No. 30 Kayutangi, Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70111, kunjungi halaman facebooknya GaluhBanjarSasirangan
  8. Keluarga Sasirangan, Jl. Sungai Jingah RT 6 no 65 kelurahan, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70121, kunjungi : keluarga-sasirangan.business.site
  9. Sasirangan warna alam, Jl. Mulawarman No.2, Tlk. Dalam, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70115, kunjungi : sasiranganwarnaalam.com
  10. Hj. Purnama Sasirangan, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70121, kunjungi : hj-purnama-sasirangan.business.site

Jual Beli Kain dan Baju Sasirangan di Luar Banjarmasin

  1. Hani Cempaka Sasirangan, Jl.Mistar Cokrokusmo, Gg. Firdaus, Kertak Baru Ilir, Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70733, kunjungi : hanicempakasasirangan.business.site
  2. Putra Jaya Pratama Sasirangan, Sungai Paring, Kec. Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613, kunjungi : putra-jaya-pratama-sasirangan-bordir.business.site
  3. NDF Sasirangan bordir Hj.Imay, Jl. Mr. Cokrokusumo RT/RW 18/06 No. 07, Sungai Tiung, Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70734, kunjungi : ndf-sasirangan-bordir-hjimay.business.site
  4. Your Heritage, Jalan Panglima Batur, Komplek Pertokoan Graha Kencana No 6, Komet, Banjarbaru Utara, Banjarbaru City, South Kalimantan 70711, kunjungi instagramnya @YourHeritage
  5. Rumah Sasirangan, Jl. Griya Hamparan II No.35, RT.11, Atu Atu, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70815, kunjungi : rumahsasirangan.com
  6. Ainun sasirangan, Jl. Raya Bumi Makmur, Handil Suruk, Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70853, kunjungi : a6collection-ainun-sasirangan.business.site
  7. Ding Dang Sasirangan, Jl. Raya Takisung, Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70861, kunjungi halaman facebook sasirangannya di dingdang.sasirangan.1
  8. Hayat Sasirangan, Desa Tampang Dusun 01 RT 01, Tampang, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70811, kunjungi : hayat-sasirangan
  9. Toko Agent Batik, Murung Sari, Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan 71417, kunjungi halaman facebooknya di sukabatikindonesia
  10. Gallery Al-Zahra Palampitan, Jl. Lambung Mangkurat, Palampitan Hilir, Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan 71414, kunjungi halaman facebooknya di alzahraskp
  11. Toko Agent Sasirangan Alabio, Jalan H Hasbullah Yasin Jl. Amuntai – Alabio Nomor 24, Sungai Pandan Hilir, Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan 71419, kunjungi : toko-agent-sasirangan-alabio.business.site
Baca Juga  Beragam Motif Baju Sasirangan Khas Kalimantan

Tinggalkan Balasan