kain sasirangan berasal dari

Pembahasan Mengenai Kain Sasirangan Berasal Dari Kalimantan Selatan

Mungkin Anda sudah mengetahui, bahwa kain sasirangan berasal dari Kalimantan Selatan ini memiliki aneka macam motif dan juga warna yang terkenal unik dan menarik. Itulah mengapa banyak sekali traveler atau pengunjung yang memborong banyak kain lalu menjadikannya baju modern.

Informasi Menarik Dari Kain Sasirangan

Perlu Anda ketahui, bahwa kain sasirangan merupakan batik dari Kalimantan Selatan. Menjadi salah satu karya yang cukup terkenal, bahkan sudah banyak orang yang mengenakan kain ini. Sebagian besar masyarakatnya menjadikan kain tersebut untuk dijahit kembali agar menghasilkan baju modern.

  1. Sejarah Dari Kain Sasirangan

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa baju sasirangan dan kain sasirangan ini berasal dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Pada umumnya, kain tersebut digunakan sebagai salah satu kain adat yang seringkali masyarakat kenakan saat ada acara adat dari suku Banjar.

Menurut sejarawan bahwa sejarah sasirangan ini adalah kain sakral yang merupakan warisan sejak abad ke XII ketika Lambung Mangkurat masih menjadi patih di negara Dipa. Pada awalnya, kain ini dikenal sebagai perantara penyembuhan orang sakit.

  1. Motif Dari Kain Sasirangan

Pada umumnya, kain sasirangan yang berasal dari Kalimantan Selatan ini memiliki beraneka macam motif yang unik dan juga menarik. Bahkan sampai membuat para pengunjung merasa kebingungan harus memilih corak apa, karena memang hampir sebagian besar motifnya bagus.

Motif kain sasirangan ini cukup banyak jumlahnya. Antara lain seperti iris pudak, bayam dan kambang raja, sari gading, ombak sinapur karang, kulit kayu, jajumputan, naga balimbur dan masih banyak lagi motif menarik lainnya.

  1. Keunikan Proses Pembuatannya

Secara umum, proses pembuatan kain sasirangan ini memang terlihat seperti membuat motif batik pada umumnya. Namun, ada sedikit perbedaan yang menjadikan kain sasirangan ini terlihat memiliki hasil yang berbeda dengan kain lainnya.

Proses pembuatan awalnya adalah dimulai dari penyiapan bahan baku, lalu kainnya dipotong sesuai dengan ukuran, dilanjut membuat motif. Kemudian, kainnya dijahit atau dijelujur, memberikan warna pada kain, lalu jahitannya dilepas. Setelah itu dicuci dan diawetkan, dikeringkan dan setrika.

Dari beberapa informasi mengenai fakta kain sasirangan berasal dari Kalimantan Selatan di atas. Kini dapat ditarik kesimpulan, bahwa kain tersebut memang mempunyai ciri khas dan cerita rakyatnya sendiri. Bahkan dulu kainnya tidak boleh digunakan oleh sembarangan orang.

Tinggalkan Balasan