kain banjar asal kalimantan selatan

Kain Banjar: Sasirangan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Selatan

Kaya akan kerajinan tangan yang mampu menghasilkan karya unik dan menarik. Kalimantan Selatan menyimpan banyak harta karun khasnya, seperti kain banjar ini. Biasanya masyarakat menyebutnya sebagai kain sasirangan, dengan beraneka macam warna dan motif yang sangat indah.

Informasi Penting Tentang Kain Banjar

Tahukah Anda, bahwa kain suku banjar ini memiliki keunikan dan ciri khasnya yang sangat menarik? Bahkan kain ini sudah terkenal di mana-mana, mengingat motifnya yang cukup unik. Seringkali kainnya dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan baju modern.

  1. Kain Adat Dari Suku Banjar

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa baju sasirangan dan kain sasirangan ini merupakan salah satu bukti karya dari adat suku Banjar yang ada di Kalimantan Selatan. Kain adat suku banjar yang satu ini kabarnya sudah sejak lama diwariskan, secara turun temurun dari abad ke 12.

Ketika saat itu Patih Lambung Mangkurat masih menjadi seorang patih di negara Dipa. Di Kalimantan Selatan sendiri, sosok bernama Lambung Mangkurat ini sangatlah terkenal dan dihormati. Namanya selalu diabadikan menjadi salah satu nama jalan serta perguruan tinggi yang ada di Banjarmasin.

  1. Cerita Legenda Putri Junjung Buih

Kemudian, fakta menarik yang terdapat pada kain Banjar ini adalah cerita dibaliknya. Konon katanya, Patih Lambung Mangkurat pernah dikabarkan pernah bertapa sekitar empat puluh hari. Sebelum mengakhiri pertapanya, ia mendengar suara seorang wanita yang berasal dari buih air sungai.

Wanita tersebut dikenal sebagai Putri Junjung Buih. Dia akan menampakkan wujudnya jikalau permintaannya sudah dikabulkan. Tak disangka, putri meminta sebuah permintaan yaitu ingin dibuatkan istana serta selembar kain yang ditenun dan juga diwarnai oleh sekitar empat puluh putri.

  1. Memiliki Banyak Warna dan Motif

Sejak dibuatnya kain batik sasirangan, kain ini memiliki banyak motif. Mulai dari ombak menerjang batu karang, bunga kacang, daun bayam, bintang bertaburan dan masih banyak lagi lainnya. Selain mempunyai aneka macam motif, kain ini juga memiliki variasi warna.

Perlu Anda ketahui, bahwa dulu kain sasirangan ini tidak diperbolehkan untuk digunakan oleh sembarangan orang. Jadi, hanya seorang bangsawan dan orang penting saja yang boleh mengenakan kain tersebut.

Itulah beberapa informasi terkait kain banjar yang terkenal memiliki banyak motif dan warna. Selain itu, kain tersebut juga mempunyai ceritanya sendiri. Ternyata kain dari Banjarmasin ini mempunyai filosofi dan legenda tersendiri.

Tinggalkan Balasan