motif sasirangan

Beberapa Jenis Motif Sasirangan

Sebagai salah satu produk yang berasal dari Kalimantan Selatan, jenis motif sasirangan menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler / pengunjung yang datang ke destinasi. Selain adanya berbagai macam corak yang cukup unik dan menarik. Kainnya sendiri terbuat dari bahan yang cukup kuat.

Berbagai Macam Jenis Motif Sasirangan

Tahukah Anda, bahwa batik sasirangan adalah salah satu jenis batik Kalimantan Selatan. Lebih tepatnya ada di suku Banjar, dengan corak yang begitu unik dan menarik. Motif tersebut menjadi daya tarik para traveler yang berkunjung. Adapun beberapa motifnya, sebagai berikut.

Jenis Motif Ramak Sahang, Daun Katu dan Gelombang

Sebagai salah satu produk sasirangan dan kain sasirangan. Adapun jenis motif kainnya yang bisa Anda pilih, yaitu kain Ramak Sahang. Motif satu ini memiliki makna yang berarti merica hancur. Bentuknya hampir menyerupai seperti motif hiris pundak ganda, namun gambarnya terputus – putus.

Sedangkan untuk motif kain Daun Katu sendiri, motifnya sengaja diambil dari tanaman yang seringkali dijadikan sebagai sayur. Biasanya orang Banjar selalu menanam tanaman tersebut di pekarangan rumah mereka, apalagi daun katu ini sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui.

Motif Bintang Sudut Ampat, Lima dan Tujuh, Gugusan Bintang & Bahambur

Adapun motif dari kain sasirangan yang tidak kalah unik dan menariknya, saking uniknya nama dari motif satu ini cukup panjang. Sesuai dengan namanya, motif kain Bintang Sudut Ampat ini memiliki bentuk persis seperti bintang di langit yang merupakan tanda kebesaran dari sang Maha Pencipta.

Sedangkan untuk motif kain Bahambur ini memiliki makna yang berkaitan erat dengan bintang tersebut, yaitu berserakan. Dalam artian di sini yang dimaksud adalah manusia yang tidak akan bisa dan mampu menghitung jumlah dari bintang di langit.

Jenis Motif Hiris Gagatas dan Kambang Sakaki

Selain itu, ada jenis motif lainnya yakni bernama kain Hiris Gagatas. Motif satu ini seringkali disebut sebagai Rincung Gagatas yang memiliki arti bungas atau cantik. Tidak akan pernah ada rasa bosan untuk memandangnya secara terus menerus.

Sedangkan untuk jenis motif kain Kambang Sakaki, motifnya memiliki makna tentang keindahan yang disimbolkan dari sekuntum bunga. Biasanya motif satu ini seringkali digunakan pada ornamen, seperti ukiran arsitektur rumah yang ada di Banjar.

Itulah beberapa jenis dari motif sasirangan yang memiliki corak cukup unik dan juga menarik. Anda bisa menjadikan deretan motif tersebut sebagai referensi, ketika nanti mengunjungi Kalimantan Selatan. Jangan lupa untuk membeli kainnya untuk jadi oleh-oleh.

Baca Juga  Motif Khas dari Sasirangan Banjar

Tinggalkan Balasan