cara daftar KIP KUliah 2022 kartu indonesia pintar

Cara Daftar KIP Kuliah 2022 : Dapat Kuliah Gratis dan Uang Saku 4.2 Juta

Menurut Puslapdik, sebanyak 190.150 Mahasiswa ditetapkan sebagai Penerima KIP Kuliah Merdeka 2021. Mereka terbukti telah menerima bantuan kuliah berupa bebas biaya pendidikan dan subsidi biaya hidup sebesar Rp. 4.2Juta/semester atau 700ribu/bulan.

Kabar baiknya, Bantuan Kuliah Gratis ini kembali dibuka di Tahun 2022 dengan kuota sebanyak 200.000 calon penerima baru. Jika kamu tertarik maka kamu harus perhatikan betul-betul, karena banyak pendaftar KIP Kuliah yang tidak lolos karena ia mendaftar asal-asalan.

Pada kesempatan ini, saya akan sampaikan cara Daftar KIP Kuliah 2022 secara ringkas. Cara ini telah saya terapkan di tahun 2021, dan terbukti mayoritas siswa saya diterima sebagai penerima kuliah gratis dari Pemerintah.

Aplikasi KIP Kuliah Mobile

Cara Daftar KIP Kuliah 2022

Perlu dipahami bahwa pendaftaran akun KIP Kuliah 2022 diperuntukkan untuk siswa lulusan 2022, 2021, dan 2020 yang belum terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi. Jadwal pendaftarannya dari 02 Februari 2022 s.d 31 Oktober 2022.

Syarat utama lolos KIP adalah adanya bukti keterbatasan ekonomi. Kamu bisa membuktikannya dengan terdaftar sebagai :

  1. Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Penerima Program Keluarga Harapan (PKH)
  3. Penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan
  5. Terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Bagaimana jika saya tidak terdaftar di 5 Program Pemerintah ini?” Tenang, Kamu tetap bisa punya peluang untuk mendapat beasiswa KIP Kuliah. 

Untuk saat ini, kamu cukup fokus untuk mendaftar akun KIP Kuliah 2022 terlebih dahulu. Be Focus, Let’s start!

  • Pertama, Mendaftar Akun KIP Kuliah 

Berkas utama yang perlu kamu persiapkan adalah email, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Jika sudah, silakan kunjungi link pendaftarannya disini.

cara daftar kip kuliah

Tunggu sejenak prosesnya, hingga muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Lalu ketikkan kembali email kamu, jika tidak kamu tidak akan mendapat nomor pendaftaran dan kode akses.

daftar akun kip kuliah

  • Kedua, Buka Aplikasi Gmail

Jika NIK, NISN dan NPSN kamu valid, pihak KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang baru kamu daftarkan. Copy dan paste nomor pendaftaran dan kode akses KIP, lalu login kembali.

Rekomended:  Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa dan Harganya

cara membuat akun kip kuliah

  • Ketiga, Login ke Link Pendaftaran KIP Kuliah

Linknya yang mana ya? Silakan klik disini.

Jika kamu berhasil login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini. 

kip kuliah 2022

Saat ini, pendaftaran KIP Kuliah kamu baru mencapai 50%. Agar kamu tidak pusing, kamu boleh terapkan cara daftar KIP Kuliah 2022 diatas terlebih dahulu.

Jika sudah terdaftar, kamu perlu mendaftarkan data pribadimu di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS Kemensos). Ikuti caranya hanya disini.

Tinggalkan Balasan