bansos anak sekolah

Bansos Anak-Anak yang Akan Cair Dalam Waktu Dekat

Tidak hanya diperuntukkan untuk orang dewasa terutama masyarakat kurang mampu saja, akan tetapi bantuan sosial tersebut juga berlaku pada anak-anak usia dini. Hal ini bertujuan dalam rangka memberikan keringanan akibat dari dampak pandemi, ketahui bansos anak-anak yang akan cair.

Kategori Bantuan Sosial Khusus Anak-Anak

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa bantuan sosial ini juga diperuntukkan bagi anak-anak usia dini. Bantuan tersebut berupa anggaran sebesar 3 juta, jadi setiap anak di seluruh Indonesia akan mendapatkannya. Sebelum mendaftar, ada baiknya mengetahui kategori pendaftarannya dulu.

Salah satu kategori bantuan sosial yang akan diluncurkan kepada anak-anak usia dini, yaitu mereka yang berusia dari 0 sampai dengan 6 tahun akan mendapatkan 3 juta per tahunnya. Kategori pendidikan SD 900 tiap tahun, SMP sederajat akan mendapat anggaran sebesar 1,5 juta per tahun.

Tidak hanya itu saja, bantuan sosial khusus anak-anak masih berjalan. Kategori selanjutnya adalah untuk SMA sederajat, mendapatkan sekitar 2 juta per tahun. Kategori penyandang disabilitas akan berbeda anggarannya, yaitu sebesar 2,4 juta. Mengingat kebutuhan mereka juga pasti berbeda-beda.

Kriteria Mendapatkan Bantuan Sosial

Menurut informasi terpercaya, program bantuan sosial khusus untuk anak-anak ini diadakan dalam rangka menanggulangi kemiskinan yang ada di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2007, pemerintah sudah menerapkan bantuan ini. Bagi yang ingin mendaftar, ada baiknya mengetahui kriterianya dulu.

Termasuk ke Dalam Kategori Keluarga Kurang Mampu

Salah satu kriteria untuk mendapatkan bantuan sosial ini, yaitu anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. Bila memang Anda merasa hal tersebut terjadi dan mengalaminya, bisa mendaftar anak untuk ikut bansos nantinya. Dengan begitu, akan mendapatkan bantuan sesuai informasinya.

PKH atau program keluarga harapan ini adalah keluarga kurang mampu dan juga rentan untuk terdaftar ke dalam data terpadu program penanganan bagi fakir miskin. Biasanya program tersebut memiliki kriteria komponen kesehatan berupa anak-anak yang berusia mulai dari 0 hingga 6 tahun.

Komponen Pendidikan yang Jadi Acuan

Kriteria bantuan sosial anak-anak selanjutnya akan dilihat dari komponen pendidikannya. Oleh karena itu, ada berbagai macam komponen yang nantinya jadi acuan oleh pemerintah. Dengan begitu, bansos bisa tersalurkan secara tepat kepada anak yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Komponen tersebut antara lain mulai dari komponen pendidikan berkriteria anak SD / MI sederajat, SMA / MTS sederajat, SMA / MA, serta anak-anak yang memiliki usia sekitar enam sampai dengan dua puluh satu tahun yang belum dapat menyelesaikan wajib belajarnya selama dua belas tahun.

Demikian ulasan secara singkat namun bermanfaat dari bansos anak-anak yang akan segera dicairkan masyarakat. Beserta dengan pembahasan mengenai kategori dan juga kriteria bagi anak yang akan mendaftar bantuan sosial tersebut. Dengan begitu, bantuan bisa disalurkan secara tepat.

Tinggalkan Balasan