kewajiban PNS

Inilah Kewajibanmu Ketika Lulus Seleksi CPNS

Menjadi seorang pegawai negeri sipil memang memerlukan perjuangan yang sangat berat yakni mulai dari persiapan, ikut ujian dan menerima hasil seleksi CPNS.

Setelah berjibaku dengan penerimaan calon pns lalu dinyatakan lulus tes CPNS seyogyanya pendaftar yang terpilih berkeinginan kuat untuk menjadi PNS terbaik, tidak hanya memikirkan soal gaji, tunjangan dan SK PNS yang bisa digadaikan untuk memperkaya diri.

Beberapa Tips Menjadi PNS Terbaik

Seorang PNS haruslah menaati setiap peraturan yang telah diberikan agar menghasilkan prestasi kinerja yang maksimal. Jangan sampai malah menjadikan kerugian karena tidak becus dalam bekerja. Untuk itu mari simak bersama-sama tips menjadi PNS terbaik.

Tingkatkan Kompetensi

Seseorang yang telah lulus dan menjadi pegawai negeri sipil atau PNS pada suatu tempat harus meningkatkan kompetensi terhadap bidang yang sedang dijalani. Semaksimal mungkin mengerjakan tugas-tugas dari atasan dengan sebaik-baiknya agar mendapat hasil terbaik.

Selain itu meningkatkan kompetensi diri adalah dengan berangkat lebih awal kalau bisa sebelum jam kerja masuk. Alangkah lebih baik semisal ketika masuknya pukul 07:00, maka berangkatlah lebih cepat. Aktivitas semacam ini akan menjadi contoh kebaikan bagi rekan-rekan lainnya.

Lapang Dada Menerima Masukan

Pada saat menjadi seorang PNS, maka hal yang perlu dipertahankan adalah selalu kuat dan lapang dada dalam menghadapi setiap masukan orang lain. Sebab apabila tidak membiasakan diri seperti itu dapat ditakutkan akan semakin tertekan sehingga menurunkan kinerja.

Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk kuat dan lapang dada dalam mendapatkan setiap kritikan maupun masukan adalah langkah awal menjadi sukses. Dengan mengambil hikmahnya, maka perbaiki diri agar kedepannya bisa semakin baik.

Selalu Tanamkan Sikap Jujur

Menanamkan sikap jujur saat sudah menjadi pegawai negeri sipil adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Sebab dengan kejujuran, maka kinerja akan semakin baik dan pastinya bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain disekitarnya.

Untuk itu, apabila ada oknum anggota PNS yang tidak menjalankan amanah dengan baik, maka wajib melaporkan kepada atasan agar ditindak sesuai peraturan. Namun, sebelum itu cobalah terlebih dahulu menasehatinya dan laporkan saja jika dengan nasehat sudah tidak mempan.

Siap Untuk Diandalkan

Seorang pegawai negeri sipil haruslah mempunyai kemampuan yang dapat diandalkan sesuai dengan bidangnya dimanapun dan kapanpun. Misalnya saja cekatan dalam mengerjakan tugas-tugas, selalu disiplin berangkat paling awal dan segala perbuatan positif lainnya.

Kemampuan seperti ini akan didapatkan melalui pembiasaan setiap hari. Apabila suatu pekerjaan tersebut dilatih untuk menghasilkan hasil maksimal, maka kedepannya akan selalu baik. Untuk itu janganlah bosan-bosan belajar kepada orang lainnya yang lebih berkompeten.

Baca Juga : Penyebab Gagal Lolos Seleksi CPNS

Baca Juga  Cara Daftar KIP Kuliah dan Tahapannya

Gunakan Waktu Sebaik-baiknya

Menjadi seorang PNS atau pegawai negeri sipil adalah sebuah amanah yang diberikan negara kepada orang yang telah lolos seleksi CPNS. Mungkin saja masuk di lembaga sekolah, perkantoran maupun lainnya. Semuanya itu dituntut untuk menggunakan waktu kerja sebaik-baiknya.

Jangan sampai karena tidak paham akan aturan menjadikan malam membuang-buang waktu sehingga pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik. Untuk itu setiap ada tugas-tugas segeralah kerjakan sebaik mungkin agar tidak menjadi tertunda-tunda sehingga malah semakin memperburuk keadaan.

Jangan Berbuat Curang

Seoranng pegawai negeri sipil sangat diwajibkan untuk menjalankan amanah tugas dengan sebaik-sebaiknya. Walaupun terkadang tanpa pengawasan, janganlah berbuat semena-mena sehingga malah merugikan negara yang telah memberikan gaji setiap bulan.

Jangan pula untuk mempunyai pemikiran melakukan korupsi maupun penggelapan dana lainnya. Hal semacam ini merupakan perilaku yang tidak terpuji dan bahkan akan dihukum berat apabila ketahuan pihak berwajib. Oleh karena itu jadilah sosok PNS baik agar hidup menjadi barokah.

Demikian tadi ulasan singkat bagaimana tips menjadi PNS terbaik. Namun semua itu tergantung dari setiap individu seseorang apabila memang berniat baik maka setiap amanah yang diberikan akan dilakukan dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan