seleksi CASN Tahun 2021

5 Tips Lulus Seleksi CASN Tahun 2021

ASN atau Aparatur Sipil Negara merupakan pekerjaan yang didambakan banyak orang setelah lulus sekolah atau kuliah. Meski tidak ada jaminan rekrutmen CASN setiap tahun, tetapi tes CASN bisa diadakan dalam kurun waktu tertentu seiring kebutuhan pegawai negeri. Ada jabatan-jabatan tertentu yang membutuhkan kandidat baru mengingat ASN yang pensiun atau mengundurkan diri. Pastikan Anda mencari informasi terkait seleksi CPNS tahun 2021 agar bisa mempersiapkan diri jauh hari.

Mempersiapkan diri menghadapi seleksi CASN tahun 2021

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kemenpan RB, pendaftaran CASN akan dilakukan pada bulan April tahun 2021 mendatang. Masih ada sisa waktu untuk Anda yang ingin mengikuti prosedur menjadi ASN di berbagai instansi atau lembaga negara yang membutuhkan. Tak hanya bisa menjadi ASN saja, Anda yang gagal mengikuti seleksi CASN bisa mencoba peluang seleksi PPPK tahun 2021 di daerah atau kabupaten masing-masing.

Supaya Anda bisa lolos seleksi dengan baik, maka ketahui tips mempersiapkan diri menghadapi seleksi CASN berikut :

Mengukur kemampuan SKD

SKD adalah Seleksi Kompetensi Dasar merupakan kemampuan dasar yang harus Anda latih sejak awal dengan materi SKD di buku. Tidak ada salahnya untuk mempelajari buku panduan SKD agar bisa tahu jenis pertanyaan yang sering muncul, termasuk cara menghitung skor pribadi.

Pendaftar wajib belajar tentang tes SKD yang mencakup Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensia Umum dan Tes Wawasan Kebangsaan yang terdiri dari puluhan butir soal yang perlu pemikiran matang.

Memetakan hasil tes CPNS tahun sebelumnya

Anda wajib mencari informasi mengenai hasil tes SKD pada beberapa instansi, khususnya instansi yang diinginkan. Nilai dari para pendaftar bisa menjadi acuan untuk mengukur kemampuan SKD diri sendiri. Biasanya nilai SKD yang ditetapkan berada di atas angka 298 dari total 500 sehingga Anda bisa melihat potensi dalam diri. Jika nilai SKD memang berada di level yang agak jauh, sebaiknya pertimbangkan melamar di instansi yang sama.

Mempelajari materi Seleksi Kompetensi Bidang

Setelah lolos SKD, Anda belum tentu diterima seleksi CASN tahun 2021 sebelum lolos tes Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. Sebaiknya cari informasi dan kisi-kisi mengenai tes SKB agar Anda punya gambaran saat mengikuti seleksi lanjutan ini.

Memilih formasi yang tepat

Jika ingin lolos formasi yang diberikan pemerintah, sebaiknya Anda memang meningkatkan kemampuan diri lebih baik. Biasanya ada formasi favorit yang diminati ribuan CASN setiap tahunnya sehingga angka SKD dan SKB peserta terus meningkat pada formasi tersebut.

Tidak ada salahnya mencoba hal baru dengan memilih formasi yang lebih gelap atau kurang diminati. Potensi lolos seleksi jauh lebih besar, tetapi Anda tetap harus mempertimbangkan bahwa passion dan kemampuan sesuai dengan formasi tersebut.

Rajin berlatih soal dan berdoa

Tidak ada yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan tes seleksi PPPK tahun 2021 tanpa adanya usaha maksimal. Rajin berlatih soal SKD dan SKB merupakan hal paling penting agar bisa mengikuti tes dengan baik. Jangan lupa untuk menyiapkan diri dari segi stamina, kesehatan fisik dan mental.

Jika semua usaha sudah Anda lakukan dengan baik, maka tinggal menunggu pengumuman lolos seleksi CPNS atau seleksi PPPK tahun 2021 sesuai prosedur yang ditentukan. Patuhi tata tertib yang berlaku selama mengikuti ujian dan persiapkan kelengkapan mengikuti tes mulai perlengkapan tulis dan dokumen pendukung.

Yuk, coba peluang karir lebih cemerlang dengan mengikuti seleksi CASN tahun 2021 mendatang! Tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti tes agar Anda tahu potensi dan kemampuan dalam diri sendiri, ya.

Baca Juga  Teknik fotografi bawah air yang benar

Tinggalkan Balasan